Kamis, 11 Oktober 2012

Pengetahuan Dasar Menjadi Wirausahawan

Halo calon entrepreneurs, pastinya tidak mudah bagi kita untuk memulai sebuah usaha dari nol. Sebelumnya, saya akan menjelaskan sedikit tentang arti dari entrepreneurs tersebut. Entrepreneurs atau wirausahawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang membangun usaha mereka sendiri. Ada sumber lain yang mengatakan bahwa wirausahawan juga merupakan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai peluang, me-manage sumber daya yang dibutuhkan serta mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses secara berkelanjutan. Biasanya orang-orang yang menjadi wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi dan inovasi dalam hidupnya.
Untuk menjalani sebuah usaha, tentunya tidak cukup dengan modal awal seperti kreativitas, inovasi, dan dana saja, tetapi butuh tenaga kerja yang memadai agar dapat berjalan maksimal. Pendirian usaha sama saja dengan pendirian lapangan kerja baru. Tenaga kerja pun sebaiknya dicari yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh usaha kita. Sebagi contoh untuk usaha kecil seperti usaha bakery, tenaga kerja sebaiknya adalah orang-orang yang ahli dalam membuat roti dan kue yang untuk bekerja di dapur atau orang yang sopan dan mampu berbicara dengan baik sebagai pramuniaga agar dapat berkomunikasi dengan konsumen. Untuk usaha yang lebih besar atau perusahaan, proses perekrutan tenaga kerja haruslah lebih selektif karena biasanya perusahaan besar sudah menyangkut ke banyak pihak. Saya akan memberikan contoh tahapan perekrutan tenaga kerja pada sebuah perusahaan.

1.    Publikasi Lowongan Kerja

Agar masyarakat mengetahui bahwa perusahaan kita sedang membutuhkan tenaga kerja, tahap ini adalah tahap pertama yang harus dilakukan. Anda bisa memilih media cetak atau media audio visual untuk mempublikasikan adanya perekrutan tenaga kerja. Publikasi haruslah mencantumkan nama perusahaan, alamat dan no telp perusahaan secara benar dan lengkap. Anda juga perlu mencamtumkan kriteria yang dibutuhkan perusahaan anda. Contohnya perekrutan pada perusahaan kontraktor PT Era Bangun Jaya yang membutuhkan tenaga finance dan accounting. Perusahaan ini mempublikasikan perekrutan tenaga kerja secara online melalui grup Bursa Lowongan Kerja pada jejaring sosial Facebook. Kriteria yang mereka cantumkan seperti dibawah ini :
-. Perempuan/Laki-laki maksimal 35 tahun
-. Pendidikan minimal D3 Akuntansi
-. Pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama
-. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Ms.Office
-. Sehat jasmani dan rohani
-. Bersedia ditugaskan keluar pulau Jawa.

2. Seleksi Karyawan dan Penerimaan

Setelah mencantumkan kriteria yang dicari, selanjutnya adalah berkas apa saja yang harus disiapkan agar bisa dikirim ke perusahaan dan diseleksi lebih lanjut. Masih pada perusahaan kontraktor PT Era Bangun Jaya, mereka meminta calon karyawan yang memiliki kriteria seperti yang telah diuraikan sebelumnya untuk mengirim surat lamaran dan CV lewat email dan dikirim ke hrd.erabangun@yahoo.co.id.
Tahap pertama adalah menyeleksi surat lamaran yang sudah masuk dengan banyak pertimbangan. Setelah seleksi tahap pertama selesai, tahap berikutnya adalah memberikan konfirmasi kepada calon karyawan yang sudah lulus seleksi tahap pertama lewat telepon, surat, atau email untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Seleksi tahap kedua biasanya adalah wawancara awal. Perusahaan harus memberikan konfirmasi lagi untuk calon karyawan yang lulus seleksi tahap kedua.Tahap ketiga adalah ujian, psikotes dan wawancara. Perusahaan melakukan penilain akhir pada tahap ketiga dan memutuskan siapa yang benar-benar diterima untuk bekerja di perusahaan.




Daftar Pustaka :
1.        Selly, Mengenal Kewirausahaan, Wirausaha dan Wirausahawan, http://sellyr06.alumni.ipb.ac.id/2010/07/18/mengenal-kewirausahaan-wirausaha-wirausahawan/, 2010, Tanggal Akses: 11 Oktober 2012.
2.        Anonim, Bursa Lowongan Kerja, http://www.facebook.com/pages/Bursa-Lowongan-Kerja/, 2012, Tanggal Akses: 11 Oktober 2012
3.        Nadia, Proses Rekuitmen dan Seleksi Karyawan, http://nadzfantasy.blogspot.com/2012/10/proses-rekrutmen-dan-seleksi-karyawan/, 2012, Tanggal Akses: 11 Oktober 2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar