Halo
calon entrepreneurs, pastinya tidak mudah bagi kita untuk memulai sebuah usaha
dari nol. Sebelumnya, saya akan menjelaskan sedikit tentang arti dari
entrepreneurs tersebut. Entrepreneurs atau wirausahawan adalah seseorang atau
sekelompok orang yang membangun usaha mereka sendiri. Ada sumber lain yang
mengatakan bahwa wirausahawan juga merupakan seseorang atau sekelompok orang
yang memiliki kemampuan melihat dan menilai peluang, me-manage sumber daya yang dibutuhkan serta mengambil tindakan yang
tepat guna memastikan sukses secara berkelanjutan. Biasanya orang-orang yang
menjadi wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi dan
inovasi dalam hidupnya.
Untuk menjalani sebuah
usaha, tentunya tidak cukup dengan modal awal seperti kreativitas, inovasi, dan
dana saja, tetapi butuh tenaga kerja yang memadai agar dapat berjalan maksimal.
Pendirian usaha sama saja dengan pendirian lapangan kerja baru. Tenaga kerja
pun sebaiknya dicari yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh usaha kita.
Sebagi contoh untuk usaha kecil seperti usaha bakery, tenaga kerja sebaiknya adalah orang-orang yang ahli dalam
membuat roti dan kue yang untuk bekerja di dapur atau orang yang sopan dan
mampu berbicara dengan baik sebagai pramuniaga agar dapat berkomunikasi dengan
konsumen. Untuk usaha yang lebih besar atau perusahaan, proses perekrutan
tenaga kerja haruslah lebih selektif karena biasanya perusahaan besar sudah
menyangkut ke banyak pihak. Saya akan memberikan contoh tahapan perekrutan
tenaga kerja pada sebuah perusahaan.
1. Publikasi
Lowongan Kerja
Agar
masyarakat mengetahui bahwa perusahaan kita sedang membutuhkan tenaga kerja,
tahap ini adalah tahap pertama yang harus dilakukan. Anda bisa memilih media
cetak atau media audio visual untuk mempublikasikan adanya perekrutan tenaga
kerja. Publikasi haruslah mencantumkan nama perusahaan, alamat dan no telp
perusahaan secara benar dan lengkap. Anda juga perlu mencamtumkan kriteria yang
dibutuhkan perusahaan anda. Contohnya perekrutan pada perusahaan kontraktor PT Era
Bangun Jaya yang membutuhkan tenaga finance
dan accounting. Perusahaan ini
mempublikasikan perekrutan tenaga kerja secara online melalui grup Bursa
Lowongan Kerja pada jejaring sosial Facebook. Kriteria yang mereka cantumkan seperti
dibawah ini :
-. Perempuan/Laki-laki maksimal 35 tahun
-. Pendidikan minimal D3 Akuntansi
-. Pengalaman minimal 1 tahun di bidang
yang sama
-. Memiliki kemampuan dalam
mengoperasikan Ms.Office
-. Sehat jasmani dan rohani
-. Bersedia ditugaskan keluar pulau
Jawa.
2.
Seleksi Karyawan dan Penerimaan
Setelah mencantumkan kriteria yang
dicari, selanjutnya adalah berkas apa saja yang harus disiapkan agar bisa
dikirim ke perusahaan dan diseleksi lebih lanjut. Masih pada perusahaan kontraktor
PT Era Bangun Jaya, mereka meminta calon karyawan yang memiliki kriteria
seperti yang telah diuraikan sebelumnya untuk mengirim surat lamaran dan CV
lewat email dan dikirim ke hrd.erabangun@yahoo.co.id.
Tahap
pertama adalah menyeleksi surat lamaran yang sudah masuk dengan banyak
pertimbangan. Setelah seleksi tahap pertama selesai, tahap berikutnya adalah memberikan
konfirmasi kepada calon karyawan yang sudah lulus seleksi tahap pertama lewat
telepon, surat, atau email untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Seleksi tahap
kedua biasanya adalah wawancara awal. Perusahaan harus memberikan konfirmasi
lagi untuk calon karyawan yang lulus seleksi tahap kedua.Tahap ketiga adalah
ujian, psikotes dan wawancara. Perusahaan melakukan penilain akhir pada tahap ketiga
dan memutuskan siapa yang benar-benar diterima untuk bekerja di perusahaan.
Daftar Pustaka :
1.
Selly, Mengenal Kewirausahaan, Wirausaha dan Wirausahawan, http://sellyr06.alumni.ipb.ac.id/2010/07/18/mengenal-kewirausahaan-wirausaha-wirausahawan/,
2010, Tanggal Akses: 11 Oktober 2012.
2.
Anonim, Bursa Lowongan Kerja, http://www.facebook.com/pages/Bursa-Lowongan-Kerja/,
2012, Tanggal Akses: 11 Oktober 2012
3.
Nadia, Proses Rekuitmen dan Seleksi Karyawan, http://nadzfantasy.blogspot.com/2012/10/proses-rekrutmen-dan-seleksi-karyawan/,
2012, Tanggal Akses: 11 Oktober 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar