Kamis, 11 Oktober 2012

Tanggung Jawab Perusahaan Pada Lingkungan Sekitar

Pemanasan Global sebenarnya sudah terjadi sejak jaman revolusi industri, dimana penggunaan bahan bakar fosil untuk keperluan industri meningkat dan menuju atmosfir bumi.  Dampak pemanasan global pun sangat terasa sekarang ini, seperti perubahan iklin secara drastis dan banyaknya bencana alam. Semakin lama iklim bumi semakin bergeser dari pola sebelumnya dan menjadi lebih susah ditebak.Efek negatif dari pemanasan global itensitasnya semakin tinggi dan sangat membutuhkan perhatian yang khusu oleh semua pihak, termasuk pihak perusahaan sebagai penyelenggara kegiatan industri.
Perusahaan bisa menimbulkan dampak postif dan negatid bagi lingkunga. Positifnya adalah perusahaan memproduksi barang atau jasa untuk masyarakat dan lapangan kerja. Negatifnya adalah  kasus pencemaran lingkungan karena limbah perusahaan dan exploitasi gila-gilaan terhadap energi dan sumber daya alam yang memperparah kerusakan alam.

CSR Dalam Perusahaan
Hal yang telah diuraikan sebelumnya ternyata mendorong munculnya tingkat kesadaran masyarakat yang memunculkan pandangan baru dan dikenal sebagai Corporate Social Responbility (CSR). CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, dimana suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini dan jangka panjang. CSR juga sudah ditetapkan dalam UU ayat 1 pasal 74 yang berbunyi “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang/berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan linkungan. Bagi perusahaan, CSR dipandang menjadi 2 hal yang bertolak belakang, apakah secara wajib atau sukarela.

Perusahaan Rokok Indonesia Yang Menerapkan CSR
PT. HM Sampoerna adalah sebuah perusahaan rokok Indonesia yang memiliki dana melimpah. Perusahaan ini menerapkan CSR dengan memberikan sumbangsih mereka untuk mencerdaskan bangsa dengan memberikan beasiswa. PT Djarum Indonesia pun tidak mau kalah dengan menawarkan banyak program untuk masyarakat seperti Djarum Bakti Lingkunga, Djarum Bakti Pendidikan dan Olahraga dengan pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar